Tupoksi

Tupoksi Bagian Pembangunan

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Bagian Pembangunan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. mengoordinasikan penyusunan rencana program dan kegiatan Subbagian Layanan Pengadaan, Bina Program, Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan berdasarkan dokumen rencana kerja organisasi perangkat daerah sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyusun rancangan dokumen perencanaan Setda meliputi Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja), Indikator Kinerja Utama (IKU) Setda dengan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah (RPJMD) sebagai pedoman penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA);
  3. menyusun rancangan kebijakan Subbagian Layanan Pengadaan, Bina Program, Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan sesuai dengan program dan kegiatan Subbagian Layanan Pengadaan, Bina Program, Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. mengoordinasikan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Setda sesuai dengan indikator SPIP dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan organisasi;
  5. mengoordinasikan penyelenggaraan program dan kegiatan Subbagian Layanan Pengadaan, Bina Program, Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Subbagian Layanan Pengadaan, Bina Program, Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan agar penyelenggaraannya sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditentukan;
  6. menyusun rancangan inovasi daerah Subbagian Layanan Pengadaan, Bina Program, Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan berdasarkan hasil analisa dan atau pemanfaatan teknologi untuk efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  7. mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Subbagian Layanan Pengadaan, Bina Program, Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  8. menyusun rancangan laporan di Subbagian Layanan Pengadaan, Bina Program, Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan berdasarkan data dan analisa sebagai informasi dan pertanggungjawaban Bupati; dan
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.

Sub Bagian-Sub Bagian pada Bagian Pembangunan adalah :

  1. Subbagian Bina Program

Subbagian Bina Program mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

  1. menyusun bahan rancangan dokumen perencanaan Setda meliputi Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja), Indikator Kinerja Utama (IKU) Setda dengan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah (RPJMD) sebagai pedoman penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA);
  2. menyusun bahan rancangan laporan akuntabilitas, program, dan kegiatan sekretariat daerah berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi sebagai bahan kebijakan lebih lanjut;
  3. menyusun bahan rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) sekretariat daerah sesuai dengan hasil analisa sebagai acuan kerja;
  4. melaksanakan evaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) sekretariat daerah sesuai dengan hasil informasi narasumber dan analisa sebagai acuan kerja;
  5. menyusun bahan rancangan Analisa Standar Biaya Daerah secara analitis sebagai acuan penyusunan anggaran berbasis kinerja;
  6. menyusun bahan rancangan inovasi daerah Subbagian Bina Program berdasarkan hasil analisa dan atau pemanfaatan teknologi untuk efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  7. mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Subbagian Bina Program sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  8. menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Subbagian Bina Program secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.
  1. Subbagian Layanan Pengadaan

Subbagian Layanan Pengadaan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan Subbagian Layanan Pengadaan berdasarkan dokumen rencana kerja organisasi perangkat daerah sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyusun bahan rancangan kebijakan layanan pengadaan sesuai dengan hasil analisa guna kelancaran tugas;
  3. melaksanakan fasilitasi layanan pengadaan secara profesional guna kelancaran tugas;
  4. melaksanakan pembinaan fungsional layanan pengadaan sesuai dengan ketentuan tentang pengadaan barang dan jasa dan ketentuan tentang jabatan fungsional layanan pengadaan guna kelancaran tugas;
  5. melaksanakan kajian permasalahan layanan pengadaan berdasarkan evaluasi untuk kebijakan lebih lanjut;
  6. melaksanakan pembinaan layanan pengadaan organisasi perangkat daerah sesuai dengan ketentuan tentang pengadaan barang dan jasa untuk kelancaran tugas;
  7. menyusun bahan rancangan inovasi daerah Subbagian Layanan Pengadaan berdasarkan hasil analisa dan atau pemanfaatan teknologi untuk efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  8. mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Subbagian Layanan Pengadaan sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja; dan
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.
  1. Subbagian Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan

Subbagian Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan Subbagian Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan berdasarkan dokumen rencana kerja organisasi perangkat daerah sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyusun bahan rancangan kebijakan pembangunan sesuai dengan hasil evalusi pembangunan dan analisa sebagai pedoman kerja;
  3. melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pembangunan sesuai rencana kegiatan guna tercapainya visi misi daerah;
  4. melaksanakan kegiatan sinkronisasi pembangunan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi guna tercapainya visi misi daerah;
  5. melaksanakan operasional E-project, e-controlling, dan e-monev dengan pemanfaatan teknologi informasi guna kelancaran tugas;
  6. menyusun bahan rancangan laporan hasil pembangunan berdasarkan monitoring dan evaluasi sebagai bahan kebijakan lebih lanjut;
  7. menyusun bahan rancangan inovasi daerah Subbagian Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan berdasarkan hasil analisa dan atau pemanfaatan teknologi untuk efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  8. mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Subbagian Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  9. menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Subbagian Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.